Berita

Bimbingan Teknis Produksi Masker Kain Bagi Wirausaha IKM Konveksi Terdampak Covid 19 Angkatan II

Selasa Kliwon, 28 Juli 2020 08:17 WIB 15

foto

Mewabahnya virus Covid 19 di Indonesia telah berlangsung selama 5 bulan terakhir. Tidak hanya di Indoesia, virus ini telah menyebar di lebih dari 150 negara di dunia. Lebih dari 16 juta orang di dunia telah terkonfirmasi positif terinfeksi virus covid 19 dengan 600 ribu diantaranya meninggal dunia. Selama belum ditemukan obat serta vaksinnya diperlukan langkah konkret untuk meminimalisir jatuhnya korban.

Salah satu yang diupayakan adalah dengan mengkampanyekan tatanan kehidupan sosial baru yang sering disebut sebagai New Normal. Salah satu bentuk tata kehidupan baru tersebut adalah dengan keharusan untuk menggunakan masker wajah. Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul memandang kewajiban memakai masker ini sebagai salah satu peluang bagi IKM untuk dijadikan usaha penopang perekonomian keluarga di masa pandemi.

Oleh karena itu dengan memanfaatkan dana Dekonsentrasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan berupa Bimbingan Teknis Produksi Masker Kain Bagi Wirausaha IKM Konveksi Terdampak Covid 19. Kegiatan tersebut dilaksanakan Pada tanggal 20 Juli sampai dengan tanggal 22 Juli tahun 2020. Bimbingan Teknis Produksi Masker Kain Bagi Wirausaha IKM Konveksi Terdampak Covid 19 ini merupakan gelombang ke dua setelah sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 29 Juni sampai dengan tanggal 01 Juli 2020 dengan peserta yang berbeda. Kegiatan Bimtek tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Produk Industri DKUKMP Ir. Yunianti Setyorini, M.Sc.

Bimbingan teknis ini diselenggarakan dengan metode daring (sistem pembelajaran jarak jauh). Pada gelombang pertama ini telah melibatkan sebanyak 20 IKM konveksi terdampak Covid 19  di Kabupaten Bantul. Untuk  gelombang selanjutnya juga akan diberikan Bimbingan teknis kepada 20 IKM Konveksi yang terdampak covid 19 di Kabupaten Bantul.

Instruktur yang membimbing kegiatan Bimbingan Teknis ini adalah ibu Fathul Jannah, seorang praktisi usaha Konveksi yang berasal dari Kabupaten Bantul dan sudah mempunyai pengalaman yang sangat banyak di bidang usaha konveksi.

Materi bimbingan berupa masker kain dengan bentuk dan ukuran mengikuti standar WHO. Bentuk pertama yang dibuat adalah bentuk standar persegi panjang dengan tiga lapis kain. pada hari pertama ini peserta diberi target untuk menyelesaikan sebanyak 30 buah masker. Pada hari ke dua pelatihan, peserta diajari untuk membuat masker dengan model scuba. Pada hari ke dua ini peserta juga diberikan target untuk menyelesaikan 30 buah masker. Sedangkan pada hari ke tiga, peserta pelatihan diminta untuk membuat hiasan tambahan sesuai dengan kreatifitas masing – masing. Penambahan asesoris ini diaplikasikan pada kedua bentuk masker yang telah dibuat. Harapannya dengan adanya kegiatan ini keterampilan dan pengetahuan IKM konveksi terdampak covid 19 akan meningkat sehingga terbuka wawasan untuk berusaha memproduksi masker dalam rangka upaya meningkatkan perekonomian keluarga.


Lomba HUT RI 75

Klik Gambar Untuk Info Lebih Lanjut

Bantul Siaga Covid-19

Klik Gambar Untuk Mengetahui Perkembangan Virus Covid-19 di Kabupaten Bantul

Sudah Baikkah Layanan Kami?

Klik Gambar Untuk Memberikan Penilaian

Layanan Aduan

Sosial Media

Pengunjung
  • Pengunjung: 79259
  • Online: 5
  • Hari ini: 57