Berita

Pelatihan IKM Industri Legen Kelapa

Senin Legi, 16 November 2020 09:16 WIB 60

foto

Pada tanggal 02 s.d 06 November 2020 Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul kembali menyelenggarakan kegiatan berupa pelatihan modernisasi produk legen. Pelatihan ini merupakan hasil dari usulan Pemerintah Desa Wijirejo, Pandak melalui Musrenbang. Peserta kegiatan pelatihan ini sebanyak 20 IKM legen kelapa dari Desa Wijirejo yang tergabung dalam kelompok Nyi Brintik, selanjutnya instruktur dari pelatihan ini adalah Ibu Nur Indarti dari Giripeni, Kulon Progo.

Pelatiahn ini diselenggarakan di Aula Balai Desa Wijirejo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul, Ir. Yunianti Setyorini, M.Sc membuka langsung pelatihan tersebut, didampingi oleh Pejabat Kecamatan Pandak dan Desa Wijirejo.

Sebelum kegiatan pelatihan dilaksanakan, selama ini produk legen hanya dijual berupa bentuk mentah dari legen kelapa yang memiliki daya tahan hanya sekitar 4 sampai dengan 5 jam saja sebelum berubah rasa sehingga potensi pemasarannya terbatas. Setelah diselenggarakan kegiatan pelatihan maka IKM mampu mengolah hasil legen menjadi produk turunannya seperti gula kelapa herbal, gula semut, sirup legen dan lain sebagainya yang mempunyai potensi pengembangan pemasaran yang lebih luas.


Bantul Siaga Covid-19

Klik Gambar Untuk Mengetahui Perkembangan Virus Covid-19 di Kabupaten Bantul

Sudah Baikkah Layanan Kami?

Klik Gambar Untuk Memberikan Penilaian

Layanan Aduan

Sosial Media

Pengunjung
  • Pengunjung: 157927
  • Online: 22
  • Hari ini: 125