Berita

Nugroho : Petugas Sub Domain Garda Depan Diseminasi Informasi Publik

Kamis Wage, 19 April 2018 09:34 WIB 219

foto

Diskominfo - Guna mengembangkan kapasitas petugas sub domain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menggelar Bimbingan Teknis Jurnalistik Penyebarluasan Informasi Pemerintah Daerah di Hotel Ros In Sewon Bantul. Rabu (18/4).

Menurut Yuliastiningsih, SH, MM, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Informasi Publik, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan untuk menambah ketrampilan menyusun berita dan wawasan tentang ragam penulisan berita serta teknik fotografi. " Saya mengharapkan dengan pemberian bekal bimtek ini, petugas sub domain dapat menyajikan berita kegiatan OPD lebih baik lagi, " katanya.

Sementara itu Nugroho Eko Setyanto, S.Sos, MM dalam kata sambutannya, mengapresiasi petugas sub domain dalam mendiseminasikan informasi OPD kepada khalayak luas. "Petugas sub domain merupakan garda depan informasi pemerintah daerah, " terangnya.

" Melalui acara ini saya mengajak petugas sub domain untuk berjuang melawan hoax yang kini cenderung meresahkan masyarakat, " ungkap Nugroho.

Bimbingan Teknik Jurnalistik yang dilaksanakan sehari ini menghadirkan Tri Suparyanto, S.Pd, MM dari Tenaga Ahli Bupati Bantul, sebagai wartawan senior dari media cetak, televisi dan online, dia menyampaikan kiat-kiat penulisan berita sesuai kaidah 5W+1H. Antusiasme peserta bimtek sedemikian tingginya, hal ini tampak dari sejumlah peserta menyampaikan beberapa pertanyaan. " Dalam penulisan berita online, dia menekankan pentingnya memilih data foto atau video yang ditampilkan, satu foto berjuta makna, " ringkasnya.

Himawan praktisi fotografi sebagai narasumber kedua, dalam paparannya menjelaskan kaidah-kaidah foto jurnalistik seperti: penentuan point of interrest (poi), komposisi, angle atau sudut pengambilan gambar, setting kamera dan pemberian caption atau judul foto. " Untuk menciptakan foto jurnalistik yang menarik audience diperlukan sense jurnalism dan menguasai teknik-teknik dasar fotografi, " jelas Himawan.

(sumber : https://bantulkab.go.id/)


Bantul Siaga Covid-19

Klik Gambar Untuk Mengetahui Perkembangan Virus Covid-19 di Kabupaten Bantul

Sudah Baikkah Layanan Kami?

Klik Gambar Untuk Memberikan Penilaian

Layanan Aduan

Sosial Media

Pengunjung
  • Pengunjung: 157926
  • Online: 22
  • Hari ini: 124